Implementasi Metode Pathfinding dengan Algoritma A* pada Game Rogue-like menggunakan Unity
DOI:
https://doi.org/10.34818/INDOJC.2022.7.3.677Keywords:
Game, Unity, Algoritma A*, PathfindingAbstract
Pada era sekarang, media digital sudah sangat dikenal oleh masyarakat, dunia digital pada masa ini memiliki perkembangan yang cukup pesat, salah satu media digital yang dikenal oleh masyarakat adalah game. Seiring bertambahnya zaman, media game juga mengalami perkembangan, salah satu aplikasi untuk mengembangkan game adalah Unity, program tersebut dapat mengembangkan game dengan dukungan bahasa pemrograman C#, dari game yang pada awalnya sederhana, hingga sekarang kecerdasan buatan juga ikut ambil bagian dalam pembuatan game. Penerapan kecerdasan buatan dalam game diharapkan dapat membuat game menjadi lebih interaktif dan dapat meningkatkan pengalaman bermain bagi pengguna, salah satu metode dalam implementasi kecerdasan buatan dalam game adalah pada sistem pathfinding, sistem ini merupakan pencarian jalur otomatis bagi suatu unit di dalam sebuah game, algoritma A* akan digunakan dalam pencarian jalur tersebut dibutuhkan waktu yang singkat dan dengan jalur terpendek. Algoritma A* ini adalah suatu algoritma yang dapat digunakan untuk mencari jalur terpendek dengan waktu yang paling singkat. Pathfinding atau perencanaan jalur adalah salah satu masalah dalam pembuatan game komputer, hal tersebut biasanya mencangkup pergerakan dari sistem AI suatu unit di dalam game, algoritma A* merupakan salah satu metode yang dapat mengatasi masalah tersebut, algoritma tersebut merupakan sistem pencarian jalur dari titik awal dan titik akhir.
Downloads
References
F. Daniel, dan G. Alifio, dll, “A Systematic Literature Review of A* Pathfindingâ€, Jakarta : Computer Science Department, School of Computer Science, Bina Nusantara University, 2020.
C. Ade, dan A. Mohammad, dkk, â€Application of A-Star Algorithm on Pathfinding Gameâ€, Sumatra Utara : Faculty of Computer Science and Information Technology, Universitas Sumatera Utara, 2020.
D. Silvester, dan B. Ketut, dkk, “Comparative Analysis of Pathfinding Algorithms A *, Dijkstra, and BFS on Maze Runner Gameâ€, Medan : Journal of Physics: Conference Series, 2020.
M. Ghani dan F. Juniardi, dkk, “Implementasi Metode Path Finding dengan Penerapan Algoritma A-Star untuk Mencari Jalur Terpendek pada Game “Jumrah Launch Storyâ€â€, Walisongo Journal of Information Technology, 2021.
H. Zhonghua, dan S. Pengfei , dkk, “Improved A-Star Algorithm for Long-Distance Off-Road Path Planning Using Terrain Data Mapâ€, ISPRS International Journal of Geo-Information, 2021.
H. Zhibo, dan L. Chenguang , dkk, “Dynamic anti-collision A-star algorithm for multi-ship encounter situationsâ€, Wuhan : Intelligent Transport System Research Center, Wuhan University of Technology, 2021.
D. FrantiÅ¡ek, dkk , “Path planning with modified A star algorithm for a mobile robotâ€, Elsevier Ltd, 2014.
J. K. Haas, “A History of the Unity Game Engineâ€, Worcester Polytechnic Institute, 2014
R. A. Krisdiawan, “IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SISTEM GDLS DAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA GAME PUZZLEâ€, Kuningan : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan, 2018
R. Rido, dan W, Yani. “Game Development Life Cycle Guidelinesâ€, Bandung : School of Electrical Engineering and Informatics, Institut Teknologi Bandung, 2013.
W. Huanwei, dan L. Shangjie, dkk, “The EBS-A* algorithm: An improved A* algorithm for path planningâ€, Zhengzhou : State Key Laboratory of Mathematical Engineering and Advanced Computing, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Manuscript submitted to IndoJC has to be an original work of the author(s), contains no element of plagiarism, and has never been published or is not being considered for publication in other journals.Â
- Copyright on any article is retained by the author(s). Regarding copyright transfers please see below.
- Authors grant IndoJC a license to publish the article and identify itself as the original publisher.
- Authors grant IndoJC commercial rights to produce hardcopy volumes of the journal for sale to libraries and individuals.
- Authors grant any third party the right to use the article freely as long as its original authors and citation details are identified.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0License