Perancangan User Interface Game Angklung dengan Metode User Centered Design (Studi Kasus Saung Angklung Udjo)

Authors

  • Wahyu Kurniawan Hartanto Telkom University
  • Danang Junaedi
  • Emil Robert Kaburuan

DOI:

https://doi.org/10.21108/INDOJC.2019.4.1.273

Abstract


Angklung adalah kebudayaan khas Indonesia yang telah diakui UNESCO sejak tahun 2010. Salah satu bentuk pelestarian terhadap kebudayaan angklung, pemerintah kota Bandung menjadikan Saung Angklung Udjo sebagai tempat untuk melestarikan angklung. Seiring perkembangan teknologi, game angklung untuk smartphone sudah banyak dikembangkan. Pada suatu game, aspek usability merupakan salah satu aspek penting penghubung antara user dengan game. Berdasarkan evaluasi usability yang dilakukan menggunakan metode Quality in Use Integrated Measurement (QUIM) kepada beberapa aplikasi dan game angklung diperoleh rata- rata pengujian untuk semua faktor belum memenuhi aspek usability yang mengakibatkan pengguna mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi game angklung. Oleh sebab itu perlu dilakukan perancangan user interface terhadap aplikasi game angklung supaya dapat digunakan dalam bermain angklung. Metode yang digunakan untuk perancangan user interface aplikasi game angklung adalah metode user centered design yang berfokus pada characteristics, task, environments dari pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi dengan menggunakan QUIM aplikasi game Belajar Bermain Angklung dapat memenuhi kebutuhan dan kemampuan pengguna, hal ini terlihat dari nilai usability terendah sebesar 86% yang artinya sudah memenuhi aspek usability

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, N. S., Kamaludin, A., & Sulaiman, N. Assessing Web Site Usability Measurement. International Journal of Research in Engineering and Technology, 02(09), 386-392, 2013

Dprd Kota Bandung, "Perda 05-2012 Tentang Pelestarian Seni Tradisional," 2015.

W. O. Galitz, The Essential Guide to User Interface Design Second Edition, Canada: Wiley Publishing, Inc, 2007

Aziz, N. S., Kamaludin, A., & Sulaiman, N. (2013). Assessing Web Site Usability Measurement. International Journal of Research in Engineering and Technology, 02(09), 386-392, 2013.

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. Determining What Individual SUS Score Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Jurnal Of Usability Studies, 04(3), 114-123, 2009.

T. Lowdermik, A Developer's Guide To Building User-Friendly Applications User-Centered Design, United States Of America : O’reilly Media, Inc, 2013.

J. J. Garrett, The Elements Of User Experience: User-Centered Design For The Web And Beyond, United States Of America, 2011.

Seffah, A., Donyaee, M., Kline, R. B., & Padda, H. K. Usability measurement and metrics: A Consolidated model. Software Quality Journal, 14(2), 159-178, 2006.

A. H. M Katy, Measuring Usability for Application Software Using the Quality in Use Integration Measurement Model, Malaysia: Faculty of Computer Science and Information Technology Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, 2016.

J. Rubin Dan D. Chisnell, Handbook of Usability Testing Second Edition, Canada: Wiley Publishing Inc, 2008.

D. A. Pasetyowati, Analisis Statistik (Teori dan Aplikasi Menggunakan SPSS), Lampung: Fakultas Ilmu komputer Universitas Global Mandiri, 2016.

A. Setiawan, Analisis Data Statistik, Salatiga: Tisara Grafika Salatiga, 2017

J. Nielsen, "Why You Only Need to Test with 5 Users," [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/. [Accessed 15 Maret 2018].

Downloads

Published

2019-03-22

How to Cite

Hartanto, W. K., Junaedi, D., & Kaburuan, E. R. (2019). Perancangan User Interface Game Angklung dengan Metode User Centered Design (Studi Kasus Saung Angklung Udjo). Indonesian Journal on Computing (Indo-JC), 4(1), 85–92. https://doi.org/10.21108/INDOJC.2019.4.1.273

Issue

Section

Information System